Kamis, 24 Desember 2009

Maka Pastilah Mereka Akan Mendatanginya Walaupun Sambil Merangkak ( Syarah Mufradat )

Posting ini merupakan kelanjutan dari posting sebelumnya, Mengenai " Shalat Yang Paling Berat " untuk melihat artikel sebelumnya, silahkan klik disini

Penerangan menurut Syarah Mufradat :
5. Maka Pastilah Mereka Akan Mendatanginya Walaupun Sambil Merangkak,
berdasarkan keterangan berikut :
  • " ( Maka pastilah mereka akan mendatanginya ) ke Masjid " . ( Subulus - Salaam, II : 43, Fathul - 'Allaam, I 337 )
  • " ( Maka pastilah mereka akan mendatanginya ) Mereka akan menghadiri shalat tersebut dengan cara apapun ". ( Ibanatul - Ahkam, II : 8 )
  • " LAU adalah HARFU TAQLIL ( huruf yang menunjukan paling kecil ) ". ( Al - Mu'jamul - Musfashshal Fil-I'rab : 394 )
  • " ( Walaupun sambil merangkak ) walaupun mereka berjalan sambil merangkak, seperti merangkaknya anak kecil atas kedua tangannya dan kedua lututnya ". ( Subulus - Salaam, II : 43 )
  • " Ath - Thirrbiy berkata : HABWAN adalah khobar KAANA yang dibuang, yaitu walaupun keadaan datang itu sambil merangkak, yaitu berjalan atas kedua tangannya dan kedua kakinya atau bokongnya / pantatnya ". ( 'Aunul - Ma'bud, II : 182 )
  • " Walaupun sambil merangkak : mereka merangkak bila mereka sulit berjalan, sebagaimana merangkaknya anak kecil di atas kedua tangannya dan kedua kakinya, dan mereka tidak meninggalkan berjama'ah tersebut karena padanya terdapat keutamaan dan kebaikan. Dan kalimat HABWAN adalah khobar KAANA yang dibuang bersama isim-nya. Dan diperkirakan asalnya : KAANAL - ITYAANU HABWAN ( keadaan datangnya sambil merangkak ) ". ( Ibanatul - Ahkam, II : 8 )
  • " Dan pada hadis Abu Umamah riwayat Ath-Thabrani : " Walaupun sambil merangkak atas kedua tangannya dan kakinya "". ( Fathul - Allaam, I : 337 )
Demikian keterangannya , hasil dari pengajian Ahad rutin.
" Syarah Hadis Bulughul-Maram "
Oleh : Ust. Asep Supian Nurdin

Mudah-mudah bermanfaat untuk bekal ilmu Agama Islam kita yang berdasarkan hadis dan dalil yang menyertainya. Dipersilahkan untuk memberikan komentar dan saran agar blog ini menjadi baik dan lebih baik lagi. Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar